G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

SEL DAN JARINGAN TUMBUHAN


SEL DAN JARINGAN TUMBUHAN

Sel adalah satuan struktural dan fungsional yang fundamental dari makhluk hidup. Sel tersusun atas bagian-bagian yang berbeda, baik struktur maupun fungsi. Bagian-bagian sel yang terdapat pada tumbuhan diantaranya:

MEMBRAN SEL
Sel dan organel yang terdapat dalam sel, dilapisi oleh membran yang terutama tersusun oleh lemak dan protein. Lemak yan terdapat pada membran memungkinkan membran berfungsi sebagai barrier yang membatasi pergerakan molekul yang dapat larut dalam air melewati membran. Molekul protein yang dapat menembus membran sel, berfungsi sebagai tempat lewatnya bahan-bahan tertentu. Selain itu protein yang terdapat pada permukaan membran seperti reseptor, enzim dan pump (pompa) masing-masing berfungsi sebagai katalisator dan pompa yang melakukan transport aktif ion-ion tertentu kedalam maupun keluar sel.

Lemak pada membran sel
Membran sel komposisnya terutama terdiri dari protein 55%, lemak 42% dan karbohidrat 3%, tetapi persentase ini bervariasi pada berbagai sel. Terdapat 3 jenis lemak yang terdapat pada membran sel yaitu fosfolipid, kolesterol dan glikolipid. Pada membran sel fosfolipid membentuk dua lapisan (lipid bilayer) dimana lapisan hidrofilik terletak pada bagian luar (berhadapan dengan cairan ekstrasel) dan bagian dalam sel (berhadapan dengan sitoplasma), sementara bagian hidrofobik terletak antara kedua lapisan hidrofilik ini.

Protein dan karbohidrat pada membran sel
Protein pada membran sel terbagi atas protein integral dan protein perifer. Sebagian besar protein integral membentuk channel pada membran atau membentuk pompa sebagai tempat lewatnya ion-ion. Sementara protein perifer biasanya hanya terikat dengan protein integral atau dengan bagian hidrofilik membran, dan umumnya protein perifer ini membentuk enzim.

Karbohidrat pada membran umumnya dalam bentuk glikolipid dan glikoprotein. Karbohidrat ini berfungsi meningkatkan hidrofilisitas lemak dan protein, mempertahankan stabilitas membran oleh adanya struktur yang disebut glikokaliks. Glikokaliks akan berinteraksi dengan glikokaliks sel lain sehingga berfungsi melekatkan satu sel dengan sel yang lainnya. Glikolipid yang terdapat pada membran sel juga berperanan dalam reaksi imunologis, dengan membentuk antigen golongan darah.

SITOPLASMA DAN ORGANEL
Sitoplasma adalah cairan sel yang ada di luar inti sel dan dibatasi membran plasma. Sitoplasma merupakan cairan kental transparan yang bersifat koloid tempat beredarnya organel dan substansi sel yang tak hidup.

INTI SEL (NUCLEUS)
Inti sel merupakan pusat pengatur berbagai aktifitas sel. Nukleus mengandung DNA dalam jumlah besar yang disebut gen. Gen yang terdapat pada kromosom berfungsi untuk sintesa RNA yang mengatur karakteristik dari protein yang diperlukan untuk berbagai aktifitas enzimatik, serta mengatur reproduksi sel. Inti sel terdiri atas nukleolus, nukleoplasma dan membran inti sel.
Membran dari inti sel terdiri 2 lapis, dimana lapisan luar berhubungan dengan membran retikulum endoplasma. Pada membran inti sel terdapat porus yang mempunyai diameter yang cukup besar sehingga dapat dilalui oleh molekul protein yang disintesa dalam inti sel.

DNA yang terdapat pada kromosom merupakan struktur double stranded (double helix) yang terdiri dari : 1) gugus posfat 2) gugus pentose (gula) yaitu deoksiribosa dan 3) basa nitrogen yaitu purine : adenine dan guanine; pirimidine : sitosine dan thymine. Gugus posfat dan pentose membentuk struktur fisik DNA, sedangkan 4 basa yang berbeda ini membawa informasi genetik. Pada DNA, adenin selalu berikatan dengan thymine dan guanin selalu terikat dengan sitosine.

RETIKULUM ENDOPLASMA (RE)

Merupakan organel yang mempunyai permukaan membran yang sangat luas . Retikulum endoplasma terdiri dari vesikel dan tubulus dan berfungsi sebagai tempat sintesa protein dan lemak. Permukaan membran RE ada yang mengandung granula-granula ribosom dan disebut RE granuler / Rough RE dan ada yang tidak mengandung granula disebut RE agranuler / smooth RE. Ribosom yang terdapat pada granuler RE berfungsi sebagai tempat sintesa protein, sedang agranuler RE berfungsi untuk sintesa dan metabolisme asam lemak dan fosfolipid.

RIBOSOM

Merupakan organel kecil dengan ukuran sekitar 20nm. Ribosom ada yang bebas dan ada pula yang menempel pada permukaan RE. ribosom terdapat di dalam sel prokariotik maupun sel eukariotik. Organel ini merupakan tempat perakitan asam amino menjadi protein. Ribosom tersusun atas dua subunit, yaitu ribosom subunit besar dan ribosom subunit kecil, keduanya tersusun atas protein dan RNA.

MITOKONDRIA
Merupakan sumber energi (powerhouse) dari sel berfungsi mengekstrak energi dari makanan. Mitokondria merupakan organel yang besar dalam sel dan menempati sekitar 25% volume sitoplasma.
Mitokondria mempunyai 2 lapisan membran, membran luar dan membran dalam. Membran ini mengandung krista yang mengandung banyak enzim-enzim oksidatif fosforilase. Enzim ini berperan pada proses oksidasi glukosa dan lemak serta sintesa ATP dari ADP. Pada bagian dalam mitokondria (matriks) juga terdapat banyak enzim yang diperlukan untuk ekstrsksi energi dari bahab-bahan makanan. Energi yang dilepaskan digunakan untuk sintesa ATP.

MIKROBODI

Mikrobodi merupakan suatu vesikel terbungkus membran yang mengandung enzim spesifik dari sitosol. Vesikel merupakan istilah umum untuk menunjukkan struktur lilitan dalam sitoplasma yang berisi zat-zat organik. Contoh mikrobodi yaitu peroksisom, organel ini mengandung enzim katalase yang berfungsi menguraikan senyawa beracun hydrogen peroksida (H2O2) sehingga sel tidak keracunan. Hasil penguraiannya berupa air dan oksigen.

DINDING SEL

Dinding sel dibentuk oleh protoplasma pada tahap telofase pada pembelahan sel. Dinding sel berfungsi melindungi sel dan memberik bentuk sel. Dinding sel tersusun atas selulosa, lignin, dan suberin sehingga bersifat permeable (dapat dilalui oleh air dan zat-zat terlarut lain). Pada dinding sel terdapat celah-celah atau noktah tempat sitoplasma dari satu sel berhubungan dengan sitoplasma sel lain. Hubungan ini disebut plasmodesmata. Melalui plasmodesmata inilah transportasi dan komunikasi antarsel dilakukan.

PLASTIDA

Organel ini merupakan hasil perkembangan proplastida yang banyak terdapat di jaringan-jaringan yang bersifat meristematik. Plastida terdiri atas dua macam yaitu Leukoplas dan kromoplas. Leukoplas adalah plastida yang tidak mengandung zat warna, plastida jenis ini berfungsi menyimpan cadangan makanan baik berupa karbohidrat, lipid, atau protein. Leukoplas yang menyimpan amilum dinamakan Amiloplas. Leukoplas yang menyimpan lemak dinamakan Elaioplas. Sedangkan leukoplas yang menyimpanprotein dinamakan Proteoplas.

Sedangkan kromoplas adalah plastida yang mengandung zat warna. Zat warna inilah yang memberi warna pada daun, bunga, dan buah.

MACAM-MACAM JARINGAN PADA TUMBUHAN

JARINGAN MERISTEM

Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-selnya selalu aktif membelah. Pembelahan ini dilakukan secara mitosis. Jaringan meristem bisa berasal langsung dari jaringan embrional dan bisa juga berasal dari jaringan dewasa. Contoh: Jaringan meristem primer berasal dari jaringan embrional, jaringan meristem sekunder berasal dari jaringan dewasa.

–         MERISTEM PRIMER

Aktivitas jaringan ini menyebabkan pertumbuhan primer (bertambah panjang ke atas maupun ke bawah). Meristem primer terdapat di daerah ujung-ujung atau apeks. Meristem ujung batang disebut Meristem pucuk, sedangkan ujung akar disebut Meristem ujung akar.

–         MERISTEM SEKUNDER

Jaringan ini berasal dari jaringan dewasa yang telah terdiferensiasi, jaringan ini menghasilkan pertumbuhan sekunder (batang dan akar membesar ke arah samping). Contoh jaringan ini ialah Kambium dan Kambium gabus (felogen).

JARINGAN DEWASA

Meristem primer dan sekunder membelah serta berdiferensiasi membentuk jaringan dewasa. Jaringan ini tidak membelah lagi sehingga bentuknya relatif tetap. Sel-sel jaringan dewasa umumnya berongga besar dan mengalami penebalan.

–         Jaringan Parenkim

Jaringan ini dibentnuk oleh sel-sel parenkim. Bentuk sel ini bermacam-macam, tetapi umumnya berbentuk isodiametrik. Dinding selnya relatif tipis dengan ruang antar sel yang relatif besar. Contoh jaringan ini terdapat pada mesofil daun, korteks batang dan akar. Fungsi dari jaringan ini adalah tempat fotosintesis, tempat penimbunan cadangan makanan, air, dan pigmen. Selain itu juga, berfungsi dalam transportasi zat.

–         Jaringan Pelindung

Berfungsi melindungi bagian tumbuhan yang lain, misalnya jaringan epidermis. Jaringan epidermis terdapat pada tumbuhan yang mengalami pertumbuhan primer.

–         Jaringan Penguat

Jaringan in iberfungsi memperkuat dan menyokong bagian tumbuhan. Jaringan ini terdiri atas Kolenkim dan Sklerenkim. Sel-sel penyusun kedua jaringan tersebut mempunyai dinding yang tebal karena berfungsi sebagai penguat tanaman. Jaringan kolenkim masih bersifat relatif lentur, sedangkan jaringan sklerenkim relatif kaku.

  • Kolenkim

Jaringan ini terdapat pada hampir di setiap bagian daun dan batang yang tidak mengalami pertumbuhan sekunder. Jaringan ini berfungsi membuat batang dan daun dalam posisi tegak.

  • Sklerenkim

Sklerenkim merupakan jaringan penguat yang dindingnya mengandung lignin yang bersifat keras dan kaku.

–         Jaringan Pengangkut

Jaringan ini berfungsi mengangkut bahan-bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis. Terdapat dua macam jaringan, yaitu Xylem dan Floem. Xylem berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian lain tumbuhan. Adapun Floem yang mengangkiut zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

2 comments on “SEL DAN JARINGAN TUMBUHAN

  1. wisda
    January 8, 2010

    hwaaa, gema rajinn yaa. smangadh smangadh !!

    Like

  2. ridza
    January 8, 2010

    ^^ gema rajin yaa..
    subhanallah,

    tetap semangat ya akhi !

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 30, 2009 by in Flora.

Navigation

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: