G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

KEMUDAHAN DI DUNIA MAYA DAN BERBAGAI KONSEKUENSINYA


Kemajuan Zaman

Kemajuan dan perubahan Zaman terutama mengenai teknologi di Indonesia sudah semakin pesat; jika dahulu kita harus berjalan jauh untuk mencari wartel demi menghubungi orang, kini kita bisa menggunakan Telepon genggam yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana dengan berbagai macam fitur yang menarik tidak hanya sekedar menghubungi orang; Jika dahulu kita mencari sebuah ilmu dengan mencari, membeli atau meminjam buku, kini sudah banyak tersedia e-book (elektronik book), artikel online, jurnal online, dan sebagainya.

Banyak kemudahan dan manfaat yang kita dapatkan seiring perkembangan zaman dan juga tekhnologi. Kita dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, berdagang dan lainnya dengan berbagai media yang kini banyak menyediakan berbagai macam “ilmu” untuk mengembangkan hal-hal tersebut.

Internet

Salah satu kemudahan atau media yang sering kita gunakan yaitu internet, dunia maya yang menyambungkan kita ke berbagai pelosok dunia, dengan hanya meng”klik” dan menekan tombol “oke” atau “enter” kita dapat mengunduh berbagai macam hal, mulai dari software, hardware, artikel, data mengenai sesuatu hal, berhubungan dengan orang lain (Social network) dan lain-lain yang mungkin kita perlukan.

internet sendiri secara harfiah adalah kependekan kata dari interconnected-networking atau interkoneksi jaringan, yang merupakan rangkaian komputer yang terhubung pada beberapa rangkaian atau sistem. Tetapi penggunaan media tersebut tidak melulu mendatangkan hal-hal positif, tetap saja ada oknum yang memanfaatkan media-media yang memudahkan kita tersebut untuk hal-hal yang bertujuan tidak baik, maka tidak heran kalau suatu saat kita dengar pencurian data seseorang, pembajakan, penipuan, pelecehan, atau bahkan mengancam seseorang dan lain-lain yang dalam istilah asing adalah “CyberCrime“.

Sejarah Singkat Internet Di Indonesia

RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto  merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2000 ini. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. Pada waktu itu di awal tahun 1990-an jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network. Semangat kerjasama, kekeluargaan  & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. (Purbo, W, Ono. 2000. Awal Sejarah  Internet Indonesia. Diakses pada 23 Mei 2011)

Konsekuensi Dalam Berinternet

Penggunaan internet, bergantung kepada orang yang menggunakannya, apakah digunakan untuk hal yang bermanfaat atau untuk hal yang tujuannya yang memang kurang baik. Tak jarang kita dengar pula di berbagai media elektronik kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan di dunia maya, ditambah filter atau sistem keamanan di Indonesia sendiri yang kurang memadai, kita mungkin tidak pernah tahu mungkin adik, kakak, anak, atau cucu kita dengan berbagai kemudahan terkoneksi dengan dunia maya, melakukan hal-hal yang memang tidak diinginkan atau bahkan kejahatan di dunia maya (Cybercrime).

Chakhy (2010) dalam catatannya menyebutkan bahwa selama ini dalam kejahatan konvensional, dikenal adanya dua jenis kejahatan sebagai berikut:

a. Kejahatan kerah biru (blue collar crime)

Kejahatan yang merupakan tindakan kriminal yang dilakukan secara konvensional seperti misalnya perampokkan, pencurian, pembunuhan dan lain-lain.

b. Kejahatan kerah putih (white collar crime)

Kejahatan jenis ini terbagi dalam empat kelompok kejahatan, yakni kejahatan korporasi, kejahatan birokrat, malpraktek, dan kejahatan individu.

Cybercrime sendiri sebagai kejahatan yang muncul sebagai akibat adanya komunitas dunia maya di internet, memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan kedua model di atas. Karakteristik unik dari kejahatan di dunia maya tersebut antara lain menyangkut lima hal berikut:

  1. Ruang lingkup kejahatan
  2. Sifat kejahatan
  3. Pelaku kejahatan
  4. Modus Kejahatan
  5. Jenis kerugian yang ditimbulkan

(Chacky. 2010. Karakteristik Cybercrime.  http://chakhy.wordpress.com/2010/01/22/kejahatan-dalam-dunia-maya/. Diakses pada 23 Mei 2011)

Lalu bagaimana menggunakan internet secara aman??

Konsekuensi penggunaan internet merupakan pilihan bagi kita, baik atau buruknya efek dari penggunaan internet kembali kepada si pengguna internet itu sendiri. Penanggulangan yang dapat kita lakukan adalah dengan memblock situs yang tidak bermanfaat, menggunakan internet hanya dengan keperluan tertentu, kesadaran, pengawasan, dan keyakinan yang kuat (keimanan) bahwa Tuhan melihat apa yang kita kerjakan. Dengan beberapa hal mudah tadi sebenarnya bisa saja mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk dalam penggunaan internet atau berselancar di dunia maya, namun lagi-lagi itu semua kembali kepada si pengguna internet itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 24, 2011 by in Tekhnologi Informasi, Umum.

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: