G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

Nyamuk!!


Nyamuk.. nyamuk nakal….
suka ganggu, berisik, bikin bentol-bentol, nularin penyakit, sumber penyakit, dan lain-lain lah yang merugikan manusia… bahkan ada juga ilmuan yang berpendapat untuk menghilangkan spesies ini tidak berpengaruh terhadap ekosistem.  WEW….
Memang sangat banyak kerugian yang didapatkan oleh manusia dari nyamuk, tapi tahu nga sih ternyata nyamuk memiliki macam-macam manfaat, seperti menghisap darah kotor dari manusia, dibuktikan dalam salah satu sumber sebagai berikut:

“Dalam sebuah studi, ahli entomologi melakukan penelitian untuk menentukan apakah vampir kecil ini memilih korbannya atau hanya menghisap darah tanpa pandang bulu. Hasil dari studi tersebut ternyata menunjukkan bahwa nyamuk memilih korban yang darahnya akan dihisap. Nyamuk memilih bau manusia yang nikmat yakni yang berbau asam dan berbau kolesterol” (Sumber: http://kesesatanbioenergicenter.blogspot.com/2011/05/cara-nyamuk-memilih-darah-manusia.html)

Yang artinya, darah yang dihisap oleh nyamuk hanya darah tertentu yaitu darah yang mengandung kolesterol, asam laktat, dan asam urat. karena nyamuk memerlukan vitamin B dan kolesterol yang mereka tak mampu mensintesisnya, sehingga harus didatangkan dari luar. Dan yang menghisap darah hanyalah nyamuk betina sedangkan jantan menghisap nektar bunga, sari-sari bunga, buah dari tanaman (menurut literatur sih seperti itu, silahkan dicek kebenarannya dengan meneliti langsung). Kemudian darah yang telah dihisap oleh nyamuk betina tersebut digunakan untuk memberikan makan bagi telur-telurnya.

Selain menghisap darah, karena dia yang “mengganggu” pada malam hari akhirnya kita bisa bangun di penghujung malam untuk melaksanakan salat malam, tapi kebanyakan orang tidak menghiraukannya, hanya bangun sesaat, kemudian cari minum, atau ke kamar mandi untuk sekedar buang air kecil, kemudian tidur lagi. . padahal jika disadari seharusnya kita juga berterimakasih pada nyamuk, karena telah dibangunkan dan diingatkan untuk melakukan salat malam.

Nyamuk juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem, yaitu sebagai media penyebaran tumbuhan. Fungsi sosial dan ekonominya juga ada, dari segi sosial, mempertemukan antara dokter dan pasiennya, atau sebagai objek kata kiasan untuk menyebutkan sesuatu, dari segi ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, sehingga sekarang in berjejer deretan nama pembasmi nyamuk, (hahahaha, meskipun terkesan konyol tapi inilah yang terjadi)…

Makhluk hidup yang disebutkan dalam Al-qur’an juga salah satunya adalah nyamuk:

Sesungguhnya, Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan, “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.”(Al Bagarah, ayat 26)

Sangat terbukti bahwa Allah menciptakan sesuatu tidak dengan sia-sia dan diciptakan secara berpasangan, dimana ada siang pasti ada malam, ada positif ada negatif, ada atas ada bawah, ada rugi ada juga manfaatnya, dan lain-lain. Semoga menjadi bahan renungan kita untuk kembali mensyukri salah satu nikmat atau ciptaan Allah.

Jika kita ingin lebih mengetahui tentang makhluk ciptaan Allah yang satu ini, baik kerugian maupun manfaatnya silahkan untuk googling atau lebih memuaskan lagi dengan meneliti sendiri, siapa tau masih banyak yang belum kita tahu tentang makhluk ini. ^^,

2 comments on “Nyamuk!!

  1. kaga
    July 14, 2012

    hmm… artikel yang bagus

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 1, 2011 by in Fauna and tagged , , .

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: