G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

Jalan-jalan Pagi


Minggu 27 November 2011, Cuaca cerah dengan sinar mentari yang hangat di ufuk timur mulai merebak menyentuh jendela kamar, dan mulai menerangi suasana di luar kamar.. Hari yang sangat baik untuk memulai jalan-jalan ^^, meskipun ga jauh-jauh amat. yup kegiatan rutin minggu pagi, melakukan pengamatan burung bersama rekan-rekan BICONS, tetapi untuk hari ini nampaknya pengamatan ditiadakan karena ada sebuah hajat anggota BICONS, it’s oke jalan-jalan tetep harus dilakukan hoho…

Seperti biasa menaiki sebuah bus favorit masyarakat bernama Damri, dan melewati tol keluar di gerbang Mohamad Toha, dengan rute BKR, Pelajar Pejuang, Laswi, Supratman, dan Dago. kali ini aku mampir lagi di pasar minggu di dago, siapa tahu ada barang yang bisa dibeli ;p

Suasana pasar seperti biasa ramai dengan suara pedagang bersahutan disana-sini menawarkan barang, dan cukup terkejut karena ternyata ada penjual hewan peliharaan di tengah-tengah pedagang yang kebanyakan penyedia kebutuhan sandang dan pangan. Sekilas hanya anjing dan kucing yang ditawarkan si pedagang, tapi ternyata eh ternyata ada salah satu jenis hewan yang unik dan menurut undang-undang “katanya” dilindungi.

DSC01525 DSC01526 DSC01528 DSC01532

Yaa, hewan itu adalah Kukang, yang kalo ngga salah bernama latin Nycticebus coucang, untuk jenis yang ditemukan di atas mungkin ada nama spesifiknya, (mohon di koreksi jika ada yang salah).

Hewan yang masuk ke kelas Mammalia dan masuk ke dalam ordo primata ini adalah hewan yang bergerak lambat, dan memang kebanyakan orang (katanya) lucu dan menggemaskan sehingga jadi salah satu objek yang diincar sebagai peliharaan.

Menurut Undang-undang RI no.5 tahun 1990 pasal 21 ayat 2 perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk kukang adalah dilarang, dan katanya bagi pelanggar dikenakan sanksi pidana penjara 5 tahun dan denda 500 juta, wooooww… dan ternyata Kukang katanya sudah dilindungi sejak tahun 1973 melalui Keputusan Menteri Pertanian tanggal 14 Februari 1973No. 66/ Kpts /Um/2/1973

Usut punya usut, tanya punya tanya, si kukang dijual oleh si pedagang dengan harga 350ribu (“itu kalo si abang mau nawar” kata si pedagang), hati tergerak tapi apalah daya uang tak berbicara ;p dan kalau pun di beli artinya mendukung penangkapan kembali si kukang (maaf kalo salah) hehehe… Ayooo bapak-bapak aparat pertegas tindakan…

Oke, karena niatan untuk membeli tidak kesampaian, barang pun terlewatkan, dengan harapan ada oknum yang dapat “meluruskan hukum”. Perjalanan dilanjutkan menuju ketempat kumpul di Taman Ganesha, dan seperti biasa pula aku melewati area Car Free Day, dan seperti biasa pula sangat ramai, terlihat seorang bapak-bapak sedang berorasi mengenai lingkungan di Bandung.

DSC01536 Sesampainya di Lokasi Kumpul, di sana ada Kang Romi, Kang Dani, Teh Nanad, Kang Heri, Kang Ashof, dan Teh Felis. Karena pengamatan tidak dilakukan, akhirnya kami hanya ngobrol dan bercengkrama berbagi cerita, dan lebih banyak mengenai cerita pekerjaan masing-masing yang cukup menarik. berhubung aku yang masih mahasiswa ini belum “bekerja” maka lebih banyak menjadi pendengar saja..hehehehe makasih buat akang teteh atas pengalamannya. ^^,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 29, 2011 by in Berbagi Cerita, Fauna, Umum.

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: