G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

SAYA PEJALAN KAKI DAN PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM


Kepikiran hal-hal aneh dan lucu ketika sedang jalan-jalan menyusuri jalanan yang saya lewati dan kadang ide-ide juga muncul kalo lagi jalan karena kejadian yang terjadi di jalanan bermacam-macam. tapi untuk tulisan ini cukup 1 aja yang dibahas. lanjuut.

Hal yang sangat sering jadi pikiran ketika sedang berjalan kaki atau sedang ada di transportasi umum adalah “kenapa orang-orang masih mau beli kendaraan pribadi dan pake kendaraan pribadi ketika mereka juga tahu bahwa jalanan makin banyak dengan kendaraan bermotor” hehehehe… bukan munafik kalo saya juga ingin membeli kendaraan tapi selalu urung ketika ngeliat jalanan di mana-mana macet, sumpek, penuh, banyak asap dan lain-lain.

banyak orang yang gengsi dengan berjalan kaki atau naik kendaraan umum untuk mencapai tujuan masing-masing, selain itu alasan lainnya adalah ingin cepat sampai, biar ngga telat, hemat waktu, dan lain-lain, dan lain-lain. memang benar tapi yang mikirin hal itu kan ternyata bukan hanya beberapa orang, mungkin bisa sampe ribuan bahkan jutaan orang yang ada di indonesia ini. bayangkan berapa gram sebuah kendaraan bermotor meninggalkan jejak emisi karbonnya?? mari lihat tabel berikut

Faktor Emisi CO2 Berdasarkan Jenis Kendaraan

Sumber: Suhadi dalam Srikandi, 2008

Wah, bisa di bayangkan lagi, jika masing-masing emisi yang ada dikalikan dengan jumlah kendaraan yang ada saat ini. hmmm… kira-kira berapa ya, pasti besar banget, di tambah dengan maraknya pengembangan sistem monokultur untuk mendongkrak ekonomi yang kurang bijak memperhatikan keadaan lingkungan, pengalihfungisan lahan hutan, dan lain-lain, dan lain-lain (saya kira pembaca kayanya udah banyak tahu jadi ga usah disebutin lagi ;p ) So, ga heran kalo es di kutub makin cepet mencair, atau udara makin panas, atau iklim jadi ga tentu.

Kembali ke kendaraan, bahwa banyak orang sadar tapi makin banyak juga yang pake kendaraan bermotor, hahaha tanya kenapa?? (Sorry bukan iklan). padahal kalau kita sedikit “mengalah”, kenapa engga kita gunain sumber daya yang ada, misalnya kita manfaatin kaki kita sebagai ungkapan rasa syukur kita pada sang pencipta maka kita berjalan kaki disamping itu juga itung-itung kita berolahraga, yah jika jarak tempuh untuk mencapai suatu tempat ga jauh kenapa engga, dan kalau agak jauh kenapa engga juga kita manfaatin transportasi umum?? atau kita bisa gunain kendaraan non-bahan bakar seperti sepeda.

Untuk transportasi umum sih wajar kalo penumpang lebih memilih memakai kendaraan sendiri, soalnya transportasi umum sekarang ini lebih rawan “ngetem” atau nunggu penumpang dalam waktu yang entah kapan berakhirnya, rawan akan tindak kriminal, rawan copet, dan rawan-rawan lainnya, jadi untuk hal-hal yang kaya gini kayanya butuh penanganan dari berbagai pihak seperti pemerintah, polisi, dan penyedia jasa angkutan, dan juga pemilik transportasi umum.  Jika hal-hal tadi dapat diminimalisir bahkan hilang, maka penumpang juga makin nyaman dengan transportasi umum.

Saya sendiri sangat ngga nyaman dengan hal-hal tadi, tapi tetap hingga saat ini masih menggunakan jasa transportasi umum (terimakasih untuk transportasi umum, hehehe) meskipun kadang-kadang “nebeng”. Tapi di lain sisi juga banyak pelajaran yang saya dapetin di dalam transportasi umum, belajar yang namanya berbagi ketika tempat duduk ngga cukup, belajar sabar ketika macet dengan penuhnya penumpang, belajar nyiasatin waktu biar ga telat sampe tujuan (meskipun ga jarang juga telat karena banyak faktor.. hoho), belajar agar aman berkendaraan dan banyak lagi.

beralih ke hal lain tentang kemacetan juga disebabkan oleh volume kendaraan yang ngga sebanding dengan ruas jalan, semua orang juga tahu, tapi herannya kenapa masih juga ga peduli. ckckck…

Selain masih memanfaatkan Transportasi umum, Kadang saya juga lebih senang berjalan kaki ketimbang naik kendaraan, soalnya banyak hal yang bisa dilihat, hehehe.. yah kalo lagi untung bisa “cuci mata” ;p (just kidding… tapi bener loh wkwkwkwkwkwk)…. dari jalan kaki saya juga kadang jadi hafal jalan, meski bercucuran keringat, anggap aja sedang berolah raga, selain tadi beberapa hal yang sedikit saya pelajari dari menaiki transportasi umum, beberapa pengalaman / pelajaran juga saya dapatkan dari jalan kaki diantaranya, makin banyak orang yang ngga sabaran, makin banyak lahan pejalan kaki diambil orang-orang yang “masa bodoh”, “kekayaan” negeri katulistiwa nampaknya sebanding dengan kayanya orang-orang yang kurang bahkan tidak mendapatkan perhatian dari pemangku kebijakan, dan lain-lain, dan lain-lain (kalo disebutin kayanya ngga akan abis sehari dua hari, hahahahahah)

Oke, dari secuil cerita di atas semoga bisa menjadi inspirasi atau bahkan bisa menularkan virus “jalan kaki” dan “menggunakan transportasi umum” bagi yang membaca. jika punya cerita tentang “berjalan kaki dan ber-transportasi umum” mari berbagi… ^^,

2 comments on “SAYA PEJALAN KAKI DAN PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM

  1. Bia Benia
    January 3, 2012

    nyindir aku ya K .. hahahahah…
    tapi nice tulisannya …
    makin rajin buat tulisan ya K …
    ^.^

    Like

    • Biolog
      January 8, 2012

      nyindir?? engga ah,, hehe maaf kalo kesindir…
      oke bu..^^
      makasiii

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 30, 2011 by in Berbagi Cerita, Umum and tagged , , , , .

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: