G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

AMAZING OF "SUSU", ANTARA HALAL DAN HARAMNYA SUSU


 

clip_image001

Hmmm.. mendengar kata Susu, lidah rasanya ingin meneguk segelas Susu cokelat dengan ditemani sebuah roti isi atau mungkin nasi goreng, wah wah wah enak rasanya^^. Ya Susu merupakan minuman yang menyehatkan yang alaminya berwarna putih. Susu banyak macamnya, berdasarkan sumber Susu diantaranya adalah Air Susu Ibu (ASI), Susu Sapi, dan Susu Kambing. Ada juga yang berdasarkan pengolahannya seperti Susu pasteurisasi, Susu homogenized, Susu UHT, Susu Skim, dan lain-lain. Selain itu produk yang berasal dari susu juga ternyata sangat banyak, seperti keju dan yoghurt.

Susu mungkin sudah banyak yang mengenal dan mengetahuinya sebagai cairan putih yang bergizi. Tapi sedahsyat apa dan sepenting apa Susu itu?? Mari kita kaji bersama.

Apa sih sebenarnya Susu itu??

Susu adalah cairan yang mengandung banyak gizi yang dihasilkan oleh kelenjar Susu (atau kelenjar mamae) individu betina. Susu sangat dibutuhkan terutama bagi bayi baik bayi manusia maupun bayi hewan (terutama hewan menyusui), karena bayi belum mampu untuk mencerna makanan padat.

Kenapa Warna Susu Putih, bahkan ada yang berwarna-warni??

Warna susu umumnya adalah putih, dan kadar warna pada susu juga bergantung dari jenis makanan yang dimakan oleh individu betina yang menghasilkan susu. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan betakaroten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul (1). 

Rasa susu yang murni terasa sedikit manis, agak asin, dan gurih, hal ini disebabkan karena adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral yang terdapat pada susu. Banyak inovasi yang telah dilakukan oleh para peneliti atau para produsen penghasil susu, dengan menambahkan berbagai rasa dan juga warna yang disukai oleh kita namun tidak mengurangi manfaat dan kandungan yang ada di dalam susu. Sehingga saat ini kita dapat menemukan susu yang berwarna merah muda, cokelat, atau hijau.

Zat apa saja yang terkandung dalam Susu??

Banyak zat yang kita peroleh dari Susu, seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral. Adapula inovasi yang dikembangkan pada Susu yang ditambahkan dengan zat tertentu yang benar-benar dibutuhkan atau berguna bagi tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam susu diantaranya (2):

  1. Potassiumnya dapat menggerakan dinding pembuluh darah sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil. Sehingga Anda jauh dari penyakit darah tinggi serta penyakit jantung.
  2. Yodium, Seng dan Leticin yang dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.
  3. Zat besi, Tembaga dan Vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
  4. Kandungan tyrosine berfungsi mendorong hormon kegembiraan dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.
  5. Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang.
  6. Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
  7. Kandungan Seng pada susu dapat menyembuhkan luka dengan cepat.
  8. Kandungan vitamin B2 di dalam susu dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
  9. Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan—unsur serum dalam darah tumbuh dalam skala besar

Apa manfaat dari Susu??

manfaat yang bisa kita dapatkan dari Susu sangat banyak, diantaranya (3) (4):

  • Mencegah osteoporosis
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah kerusakan gigi
  • Menetralisir racun
  • Membantu pertumbuhan
  • Mempercantik kulit
  • Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan Susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk
  • Membantu daya tahan tubuh
  • Mencegah stress
  • Dan lain-lain

Manfaat susu sebagai penyempurna dari keempat makanan sehat sudah tidak diragukan lagi bagi tubuh. Susu memang bukan satu-satunya yang menjadi sumber penyedia protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, namun kebutuhan terhadap susu sebagai penyedia berbagai zat yang dibutuhkan tersebut perlu dipenuhi agar kesehatan serta kondisi tubuh terus terjaga. Minuman berwarna putih ini kini telah banyak mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju saat ini. Banyak inovasi yang telah dilakukan untuk menambah manfaat dari susu, ada yang di khususkan untuk bayi, balita, remaja, orangtua, ibu hamil, ibu menyusui, dan bahkan hanya sebagai suplemen tubuh. Tersedianya berbagai jenis susu seperti saat ini sangat memudahkan kita untuk memilih susu yang sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Berbagai produk susu yang di tawarkan oleh berbagai produsen yang menyediakan susu dengan menggunakan media massa, menjadikan susu menjadi salah satu gaya hidup.

Susu Sebagai Gaya Hidup

Gaya hidup sehat menjadi pilihan bagi kita agar tubuh kita mendapatkan haknya untuk tetap sehat karena digunakan beraktivitas sehari-hari. Telah diketahui bersama bahwa susu memiliki berbagai manfaat yang dapat secara langsung kita dapatkan. Menjaga agar tubuh selalu sehat sangat baik agar dalam beraktivitas setap harinya kita mampu beraktivitas dengan optimal.

Susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi tidak semua susu menyehatkan, karena bergantung dari kualitas susu tersebut bahkan ada juga susu yang tidak layak untuk kita konsumsi, seperti susu yang telah lewat masa kadaluarsanya, atau susu yang dibiarkan terlalu lama terkena udara. Maka kita harus mengetahui bagaimana keadaan atau kualitas susu yang baik. Ciri-ciri susu yang baik adalah sebagai berikut (5):

  1. Berwarna putih susu (putih kebiruan, atau kuning keemasan) dan kental.
  2. Rasanya manis, agak asin (gurih), tidak asam atau kecut
  3. Cairannya konstan dan tidak menggumpal.
  4. Aromakhas susu, tidak bau asam, tengik atau bau amis.
  5. Kalau dituang dari gelas masih menempel di dinding gelas.
  6. Kalau dimasak akan terbentuk lapisan busa lemak.
  7. Bebas dari kotoran fisik seperti darah, debu, bulu serangga dan lain-lain.

Berdasarkan ciri tersebut kita dapat mengidentifikasi dan membedakan mana susu yang kualitasnya bagus atau layak dikonsumsi dan susu yang tidak layak untuk dikonsumsi. Meskipun susu memiliki banyak manfaat, tetapi jika susu tersebut tidak layak untuk dikonsumsi, maka bukan lagi manfaat yang kita dapatkan bagi tubuh, tetapi malah merugikan bagi tubuh.

Susu yang telah teridentifikasi baik bagi tubuh dalam penggunaannya harus dijaga dengan baik. Susu yang telah dituangkan ke dalam gelas, jangan dibiarkan terbuka terlalu lama, karena akan mempengaruhi kualitas susu, sebaiknya dihabiskan setelah dituangkan, kemudian menjaga susu yang ada dalam kemasan dalam suhu yang tidak terlalu panas

ANTARA HALAL DAN HARAM

Susu yang kini telah mengalami berbagai inovasi, juga harus diwaspadai, karena ternyata kehalalannya bias jadi dipertanyakan. Seperti yang dikhawatirkan oleh MUI pada artikelnya yang berjudul “Mengenal Titik Kritis Haram Pada Susu Olahan”. Banyak produk olahan yang berasal dari susu yang kita konsumsi, dan sebagai masyarakat yang baik kita juga harus mengetahui asal produk tersebut, apakah terjamin kehalalannya atau tidak.

Percaya atau tidak, ternyata suatu produk atau bahan yang kita konsumsi yang ternyata adalah haram dapat berakibat buruk terutama bagi moral dan mental sebagaimana dikemukakan seorang pemikir iran Dr. Paknejad. Para ilmuwan menilai sumber tindakan moral manusia dipengaruhi oleh hormon yang diperoleh dari makanan dan minuman. Para ilmuwan menyebut gizi berhubungan erat dengan hormon badan dan makanan. Dengan demikian, gizi berpengaruh besar terhadap karakter moralitas manusia (6).

Hal-hal yang kita ketahui dan kita sadari terhadap asal dan status suatu makanan atau minuman dapat menjadi suatu kontrol bagi para produsen bahan pangan. Sehingga ada timbal balik antara konsumen dan produsen dalam hal mengingatkan produk yang kita konsumsi, sehingga produsen dapat meningkatkan kualitas produknya.

Kembali kepada objek yang kita kaji mengenai susu, kita juga mengetahui bahwa susu telah banyak mengalami inovasi yang sangat maju seiring tekhnologi saat ini, maka dari itu alangkah terpujinya kita untuk mengetahui asal dan juga status suatu susu yang kita konsumsi agar terjaga dari pengaruh-pengaruh yang tidak baik.

Selamat meminum susu yang halal dan menyehatkan ^^

Sumber:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Susu
  2. http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/01/kandungan-dan-manfaat-susu-sapi.html
  3. http://www.frisianflag.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=128&Itemid=660&lang=id
  4. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/131-mengenal-Susu-dan-manfaat.html
  5. http://www.suhermanto.com/ciri-ciri-susu-yang-baik-untuk-di-konsumsi/
  6. http://indonesian.irib.ir/keluarga1/-/asset_publisher/3HXo/content/islam-gizi-dan-kesehatan-katakan-tidak-untuk-makanan-haram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 28, 2012 by in Berbagi Cerita, Umum and tagged .

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Mittened Hands

Photography

Virtual Diary

"Taking risks means that you are courageous, not weak, even if you fail. At least you tried. At least you learned"

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

mada_ perspective

A Document of Life and Passion

%d bloggers like this: