G.I.M'57

Berbagi Pengetahuan, Pengalaman, Cerita, dll

SEKILAS TENTANG EKOWISATA


Wisata dalam Undang-undang No.10 tahun 2009 tentang kepariwisataan didefinisikan sebagai kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara. Tempat yang menjadi tujuan wisata biasanya memiliki suatu daya tarik tersendiri seperti keunikan dan keindahan dari segi bentang alam, objek khusus, tradisi masyarakat lokal, sejarah dan lain-lain. Wisata menjadi salah satu kegiatan penting dan memiiki andil dalam pembangunan, dan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, serta dapat mengembangkan kegiatan ekonomi sebagai dampak dari kegiatan wisata.

Salah satu kegiatan wisata yang memiliki ciri tersendiri adalah ekowisata yang pada dasarnya bersumber pada kegiatan alam dan wisata outdoor. Ekowisata merupakan perjalanan yang dilakukan ke tempat-tempat tujuan wisata tertentu untuk memahami budaya dan sejarah lingkungan yang berlandaskan aspek kelestarian dan keberlanjutan dari destinasi wisata yang dikunjungi (Arifin. 2011). Walhi (1995) dalam Muntasib (2015) mendefinisikan ekowisata sebagai kegiatan perjalanan wisata yang bertanggung jawab, pada daerah yang masih alami atau di daerah-daerah yang dikelola dengan kaidah alam, yang bertujuan selain untuk menikmati keindahan alam juga melibatkan unsur pendidikan, pemahaman dan dukungan terhadap usaha-usaha konservasi alam dan peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

image

Tnghs

Ekowisata memiliki beberapa prinsip dasar diantaranya adalah Berbasis alam, berkelanjutan secara ekologi, pendidikan lingkungan, bermanfaat bagi masyarakat lokal, dan memberikan kepuasan bagi wisatawan. Hal ini menjadikan ekowisata sebagai suatu kegiatan yang bersifat khusus, dan tidak bisa disamakan dengan kegiatan wisata yang bersifat mass-tourism. Sehingga dalam kebijakan serta pengelolaan destinasi ekowisata harus berlandaskan pada prinsip-prinsip ekowisata, serta memperhatikan kelestarian dari tempat-tempat yang dijadikan sebagai destinasi ekowisata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 16, 2015 by in Umum and tagged .

Mari Mampir Dimari

Flickr Photos

Twitter Updates

Generasi Bagus Nusantara

Mengenal keanekaragaman flora, fauna, budaya serta isu lingkungan di bumi nusantara

Mittened Hands

Photography

Eccedentesiast's Diary

Learn-Love-Life

Azamalia

Hanya Kata-Kata

Tuesday Notes

Before all will be gone, i write. So that it will be unforgotten.

Allen's Zoo

Art, Illustration, Character Design

Hasan Lukman

Islamic learner enthusiast | environmentalk

FORESTER'S BLOG

JALAN - JALAN DI HUTAN

%d bloggers like this: